PENGARUH INTERAKSI SEMESTER DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS: STUDI QUASI EKSPERIMENTAL PADA SISWA KELAS V DI JAKARTA

Penulis

  • Nasaruddin UNIVERSITAS DHARMA INDONESIA
  • Sina Wardani Siregar Universitas Dharma Indonesia
  • Bobi Heri Yanto Universitas Dharma Indonesia
  • Zalzulifa Polimedia Jakarta

Kata Kunci:

Hasil Belajar Sains, Semester, Jenis Kelamin, Interaksi, Siswa Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh semester, jenis kelamin, dan interaksi
keduanya terhadap hasil belajar sains siswa kelas V di Jakarta. Rancangan penelitian dengan
eksperimen semu (quasi-experimental) dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas V SDN di Jakarta yang berjumlah 48 siswa. Sampel berjumlah 28
siswa, diambil dengan teknik nonprobability sampling, dengan komposisi seimbang antara
semester ganjil dan genap, serta jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Data dikumpulkan
melalui tes hasil belajar sains (soal pilihan ganda yang tervalidasi) dan dokumentasi). Hasil
analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan semester terhadap hasil belajar
sains (Fhitung = 4445.354 > Ftabel = 7.03; η2 = 0.988), di mana hasil belajar siswa pada
semester genap lebih tinggi; (2) terdapat pengaruh signifikan jenis kelamin terhadap hasil belajar
sains (Fhitung = 3965.297 > Ftabel = 7.03; η2 = 0.987), dengan siswa perempuan menunjukkan
hasil belajar lebih tinggi; dan (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara semester dan
jenis kelamin terhadap hasil belajar sains (Fhitung = 5985.992 > Ftabel = 7.03; η2 = 0.991). Uji
Post Hoc Tukey HSD lebih lanjut menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kelompok
siswa laki-laki dan perempuan di semester ganjil (thitung = -3.113 > ttabel = 1.706), serta antara
semester ganjil dan genap untuk kedua jenis kelamin. Interaksi ini mengindikasikan bahwa
pengaruh semester terhadap hasil belajar bervariasi antara siswa laki-laki dan perempuan, di
mana peningkatan hasil belajar dari semester ganjil ke semester genap lebih signifikan pada
siswa perempuan

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-10