EVALUASI PERKEMBANGAN NILAI BAHASA INGGRIS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: STUDI ANOVA ANTAR SEMESTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI JAKARTA
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, ANOVA, Perbedaan Nilai Antar SemesterAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan signifikan nilai Bahasa Inggris antar semester pada siswa Sekolah Dasar di Jakarta dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif-komparatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Sebanyak 84 siswa dijadikan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi nilai Bahasa Inggris dari arsip sekolah semester 5, 6, dan 7. Hasil penelitian dari uji anova peroleh nilai p-value = 0.000 < 0.05 mengindikasikan terdapat perbedaan signifikan nilai Bahasa inggris siswa antar semester. Kemudian hasil uji perbedaan antar semester menggunakan uji Post-Hoc Test Tukey terdapat peningkatan nilai yang signifikan di Semester 7, baik dibanding Semester 5 maupun 6. Namun, tidak ada perbedaan signifikan antara Semester 5 dan 6. Kesimpulan dari hasil temuan bahwa terdapat perbedaan signifikan nilai Bahasa Inggris antar semester (5, 6, dan 7) pada siswa Sekolah Dasar di Jakarta dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka. Saran berdasarkan hasil temuan Guru dan Sekolah untuk mempertahankan dan mengembangkan pendekatan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kurikulum Merdeka, serta meningkatkan pelatihan guru dalam strategi pengajaran yang inovatif dan partisipatif.