KETERLIBATAN GURU DAN SISWA MELALUI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Keywords:
Teknologi Digital, Media Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Digital, Gaya BelajarAbstract
Perkembangan teknologi digital dalam media pembelajaran memberikan peluang besar bagi penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Di zaman digital, informasi dan komunikasi teknologi memiliki peranan penting dalam bidang pendidikan. Melalui teknologi, pendidik dapat menghadirkan proses pembelajaran yang lebih dinamis dan variatif, sementara peserta didik dapat belajar secara mandiri sesuai gaya belajar mereka masing-masing. Inovasi teknologi ini telah membawa transformasi besar dalam berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali pendidikan. Teknologi dinilai mampu menjadi solusi atas berbagai tantangan pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran matematika, dengan menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menarik. Penelitian ini menerapkan pendekatan Systematic Literature Review dengan kajian literatur yang dilakukan secara sistematis dan menyeluruh guna menyeleksi, menilai, dan mensintesis berbagai studi yang relevan dengan fokus penelitian. Teknologi turut mendukung kolaborasi lintas wilayah serta mendorong penerapan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang secara signifikan memperkaya pengalaman belajar peserta didik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teknologi mampu meningkatkan kualitas interaksi dan pengalaman belajar dalam konteks pendidikan digital. Namun demikian, keberhasilannya sangat tergantung pada jenis teknologi yang digunakan serta strategi implementasi yang diterapkan. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi harus dirancang selaras dengan tujuan pedagogis dan karakteristik peserta didik.