PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN SOAL TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Penulis

  • Laely Rizki Maulida Universitas Dharma Indonesia Indonesia

Kata Kunci:

Numbered Heads Together (NHT), Soal Terbuka, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstrak

                                                                                        

Kemampuan memecahkan masalah matematika merupakan salah satu kompetensi mendasar yang harus dimiliki siswa dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21. Proses pemecahan masalah tidak hanya menekankan pada hasil akhir, tetapi juga pada pemahaman terhadap langkah-langkah yang dilakukan, sehingga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitis. Namun, hasil wawancara dan dokumentasi nilai menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV SD Negeri Banjarsari belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran NHT yang dikombinasikan dengan soal terbuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Banjarsari, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi aktivitas belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT berbantuan soal terbuka memberikan pengaruh positif sebesar 69,9% terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Rata-rata hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan nilai Zhitung ≥ Ztabel (1,75 ≥ 0,45) dan thitung ≥ ttabel (4,57 ≥ 1,697), yang berarti (H₀) ditolak. Temuan ini memperkuat efektivitas strategi pembelajaran kooperatif berbasis keterlibatan aktif dan pemikiran terbuka dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-29